Selasa, 11 Oktober 2011

Tugas 3 Perencanaan Sistem Informasi Strategik

NIM/Nama : 11.41011.0038/Hienny Wardhani
Tugas : Perencanaan Sistem Informasi Strategik
Dosen : Erwin Sutomo

Komentar Tentang Sebuah Artikel

Perkembangan teknologi SI/TI bukan dianggap lagi sebagai mesin yang menjalankan operasi suatu perusahaan. Selain itu, teknologi SI/TI mampu berperan penting membantu ekspansi bisnis, meningkatkan inovasi dan memenangkan pasar. Masyarakat dijelajahi beragam informasi, tetapi kini perusahaan memiliki kemampuan untuk mengumpulkan, memilah, menganalisa, dan menggunakan data bersama dengan beragam cara. Mereka yang bertanggung jawab atas pengelolaan teknologi dan membuat teknologi informasi (TI) melaksanakan fungsinya untuk membuat roda bisnis tetap berputar. Seiring dengan perkembangan jaman, CIO melekat sebagai ahli strategi. IBM (Institute for Business Value) mengetengahkan bahwa CIO dan CEO masa kini bekerja sama dengan erat. Inilah mengapa pekerjaan seorang CIO kini semakin rumit dan penting karena keberhasilan perusahaan merupakan salah satu tanggung jawab yang dipikulnya. Merekalah yang memilih teknologi yang melandasi strategi bisnis perusahaan. Dengan pemahaman dan penerapan teknologi ini, mereka bahu-membahu dengan para chief executive officer (CEO) untuk merumuskan taktik guna meningkatkan produktivitas dan menciptakan peluang- peluang bisnis baru dalam perusahaan.
Maka dari itu, CIO dapat menjadi anggota komite eksekutif organisasi dan sering mungkin diperlukan untuk terlibat di tingkat dewan tergantung pada sifat organisasi dan struktur operasi dan lingkungan pemerintahan. Tidak ada kualifikasi spesifik yang intrinsik dari posisi CIO, meskipun calon khas mungkin memiliki keahlian dalam sejumlah bidang teknologi dan ilmu komputer, rekayasa perangkat lunak atau sistem informasi. Baru-baru ini kepemimpinan CIO merupakan kemampuan, ketajaman bisnis dan perspektif strategis yang telah diambil dan lebih diutamakan daripada keterampilan teknis. Hal ini, sekarang cukup umum bagi CIO untuk diangkat dari sisi bisnis organisasi, terutama jika mereka memiliki kemampuan manajemen proyek. Banyak CIO kepala upaya perusahaan untuk mengintegrasikan internet ke kedua strategi jangka panjang dan rencana bisnis langsung untuk tujuan strategis dan operasional dari sebuah organisasi. Sebuah contoh yang baik ini akan menjadi pelaksanaan sistem Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (ERP) yang biasanya memiliki implikasi yang luas bagi kebanyakan organisasi dalam suatu perusahaan.
Pada dasarnya, seorang CIO (Chief Information Officer) dalam organisasi modern diperlukan untuk memiliki keterampilan bisnis dan kemampuan untuk berhubungan dengan organisasi secara keseluruhan, sebagai lawan yang ahli teknologi dengan keahlian bisnis yang terbatas fungsional. Posisi CIO (Chief Information Officer) adalah sebagai banyak tentang mengantisipasi tren di pasar berkaitan dengan teknologi seperti ini adalah tentang memastikan bahwa bisnis menavigasi tren ini melalui bimbingan ahli dan strategi yang benar perencanaan SI/TI yang selaras dengan strategi organisasi perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar